Pengaruh Modal Intelektual Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Real Estate Dan Properti Yang Tercatat Di BEI)

Authors

  • Errin Errin Universitas Buddhi Dharma
  • Peng Wi Universitas Buddhi Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31253/aktek.v8i1.104

Keywords:

Intellectual Capital (IC), VACA, VAHU, STVA, VAIC, Return On Assets (ROA)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada perusahaan padat intellectual capital, yaitu perusahaan sektor Real Estate and Property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh intellectual capital terhadap kinerja keuangan perusahaan dengan menggunakan model Pulic-Value Added Intellectual Coefficients (VAIC) untuk periode lima tahun (2010-2014).

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dan data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu berupa laporan keuangan perusahaan untuk periode 2010-2014. Adapun data-data yang digunakan dikumpulkan dengan cara studi dokumentasi.

Penelitian ini menguji hubungan antara efisiensi value added (VAIC) dari tiga sumber daya utama perusahaan (aset fisik, human capital, dan structural capital) dengan kinerja keuangan perusahaan (ROA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa intellectual capital (VAIC) berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan (ROA), VACA tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja keuangan (ROA), VAHU tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan (ROA) dan STVA berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA).

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2016-07-25

How to Cite

Errin, E., & Wi, P. (2016). Pengaruh Modal Intelektual Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Real Estate Dan Properti Yang Tercatat Di BEI). AKUNTOTEKNOLOGI, 8(1), 7–12. https://doi.org/10.31253/aktek.v8i1.104