Pengaruh Motivasi Dan Kelompok Rujukan Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Profesi Akuntansi Dengan Prestasi Akademik Sebagai Variabel Moderasi

Authors

  • Melvin Rahma Sayuga Subroto Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta
  • Inganatut Toyibah Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31253/aktek.v15i2.2678

Keywords:

Motivasi, Kelompok Rujukan, Minat, Prestasi Akademik, Pendidikan Profesi Akuntansi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui beberapa aspek, yaitu: (1) Dampak Motivasi terhadap minat mahasiswa jurusan akuntansi dalam mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi; (2) Pengaruh Kelompok Rujukan terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi dalam mengikuti Profesi Akuntansi; (3) Moderasi Prestasi Akademik terhadap Pengaruh Motivasi pada Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Melanjutkan Pendidikan Profesi Akuntansi; (4) Moderasi Prestasi Akademik terhadap Pengaruh Biaya Pendidikan pada Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Melanjutkan Pendidikan Profesi Akuntansi. Sampel penelitian terdiri dari 75 mahasiswa. Metode analisis data yang diterapkan mencakup analisis deskriptif dan Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) dan alat analisis Smart PLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi memiliki dampak positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan Pendidikan Profesi Akuntansi. Kelompok rujukan juga terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan Pendidikan Profesi Akuntansi. Selain itu, prestasi akademik mampu memoderasi pengaruh motivasi terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan Pendidikan Profesi Akuntansi. Begitu juga, moderasi prestasi akademik terhadap pengaruh kelompok rujukan pada minat mahasiswa untuk melanjutkan Pendidikan Profesi Akuntansi juga terlihat signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-12-08

How to Cite

Melvin Rahma Sayuga Subroto, & Inganatut Toyibah. (2023). Pengaruh Motivasi Dan Kelompok Rujukan Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Profesi Akuntansi Dengan Prestasi Akademik Sebagai Variabel Moderasi. AKUNTOTEKNOLOGI, 15(2), 255–270. https://doi.org/10.31253/aktek.v15i2.2678