Pengaruh Motivasi Dan Kelompok Rujukan Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Profesi Akuntansi Dengan Prestasi Akademik Sebagai Variabel Moderasi
DOI:
https://doi.org/10.31253/aktek.v15i2.2678Keywords:
Motivasi, Kelompok Rujukan, Minat, Prestasi Akademik, Pendidikan Profesi AkuntansiAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui beberapa aspek, yaitu: (1) Dampak Motivasi terhadap minat mahasiswa jurusan akuntansi dalam mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi; (2) Pengaruh Kelompok Rujukan terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi dalam mengikuti Profesi Akuntansi; (3) Moderasi Prestasi Akademik terhadap Pengaruh Motivasi pada Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Melanjutkan Pendidikan Profesi Akuntansi; (4) Moderasi Prestasi Akademik terhadap Pengaruh Biaya Pendidikan pada Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Melanjutkan Pendidikan Profesi Akuntansi. Sampel penelitian terdiri dari 75 mahasiswa. Metode analisis data yang diterapkan mencakup analisis deskriptif dan Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) dan alat analisis Smart PLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi memiliki dampak positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan Pendidikan Profesi Akuntansi. Kelompok rujukan juga terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan Pendidikan Profesi Akuntansi. Selain itu, prestasi akademik mampu memoderasi pengaruh motivasi terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan Pendidikan Profesi Akuntansi. Begitu juga, moderasi prestasi akademik terhadap pengaruh kelompok rujukan pada minat mahasiswa untuk melanjutkan Pendidikan Profesi Akuntansi juga terlihat signifikan.