Pengaruh Motivasi Dan Kelompok Rujukan Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) Dengan Prestasi Akademik Sebagai Variabel Moderasi
DOI:
https://doi.org/10.31253/aktek.v15i2.2678Kata Kunci:
Motivasi, Kelompok Rujukan, Minat, Prestasi Akademik, Pendidikan Profesi AkuntansiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk:(1) Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk); (2) Pengaruh Kelompok Rujukan Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk); (3) Pengaruh prestasi akademik memoderasi motivasi terhadap minat mahasiswa akuntansi melanjutkan Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) ; (4) Pengaruh prestasi akademik memoderasi pengaruh biaya pendidikan terhadap minat mahasiswa akuntansi melanjutkan Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 75 mahasiswa. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan Structural Equation Modelling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS) dengan alat analisis Smart PLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan PPAk. Variabel Kelompok rujukan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan PPAk. Variabel prestasi akademik mampu memoderasi pengaruh motivasi terhadap minat melanjutkan PPAk. Variabel prestasi akademik mampu memoderasi pengaruh Kelompok rujukanterhadap minat melanjutkan PPAk.