Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017
DOI:
https://doi.org/10.31253/aktek.v10i2.261Kata Kunci:
Leverage, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Nilai PerusahaanAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh leverage, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Penelitian mengambil objek penelitian di BEI pada perusahaan sektor food and beverage periode 2014-2017. Beberapa penelitian sebelumnya mengenai nilai perusahaan memperlihatkan hasil yang berbeda - beda. Oleh karena itu, penelitian lain perlu dilakukan untuk menguji ulang teori tentang nilai perusahaan.
Populasi penelitian ini sebanyak 18 perusahaan sektor food and beverage. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling, sehingga diperoleh 10 perusahaan sampel untuk 4 tahun pengamatan (2014-2017) dengan 40 observasi (pengamatan). Data yang dikumpulkan diolah dengan menggunakan program SPSS 21, dengan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis.
Hasil dari penelitian yang telah diolah menunjukkan bahwa nilai signifikan struktur leverage menggunakan DAR yaitu 0,381, nilai signifikan ukuran perusahaan yang diproksikan menggunakan SIZE yaitu 0,008, dan nilai signifikan profitabilitas yang diproksikan menggunakan ROA yaitu 0,046.
Dan dari hasil penelitian menunjukan bahwa leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh signikan terhadap nilai perusahaan.