Analisis Harga Pokok Produksi (Hpp) Dan Biaya Pemasaran Terhadap Peningkatan Laba Pada PT. Winata Pratama Indonesia

Penulis

  • Ilhan Ilhan Universitas Buddhi Dharma
  • Yuriyandhi Yuriyandhi Universitas Buddhi Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31253/aktek.v11i1.263

Kata Kunci:

Harga Pokok Produksi, Biaya pemasaran, Peningkatan laba

Abstrak

Perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing merupakan suatu informasi biaya pada umumnya yang sangat dibutuhkan untuk menentukan harga pokok produksi dan penetapan harga jual. Biaya produksi merupakan unsur yang besar jumlahnya. Mengingat pentingnya harga pokok produksi dan harga jual pada perusahaan, maka pengelolaan perusahaan harus bisa mengendalikan biaya produksi untuk menghitung harga jual yang di nilai wajar oleh konsumen. Serta meminimalkan biaya-biaya yang kiranya tidak menambah nilai.

       Adapun metode penelitian yang digunakan penulis, yaitu metode pengumpulan data dengan studi lapangan dan studi kepustakaan. Metode studi ke lapangan dengan melakukan penelitian langsung ke perusahaan agar dapat memperoleh data yang sebenarnya dan dapat melakukan wawancara langsung kepada narasumber dan penjelasan data yang diberikan. Sedangkan studi kepustakaan dilakukan dengan cara membaca, mencatat dan mempelajari buku-buku yang akan membantu penulis dalam melakukan penelitian.

            Berdasarkan hasil dan interpretasi penelitian dapat dilihat bahwa PT. Winata Pratama Indonesia telah melakukan perhitungan biaya produksi yang tepat karena perusahaan telah menggunakan metode full costing dan pembebanan biaya sudah sesuai dengan Prinsip Akuntansi Berlaku Umum (PABU) yang ada di indonesia.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2019-07-24

Cara Mengutip

Ilhan, I., & Yuriyandhi, Y. (2019). Analisis Harga Pokok Produksi (Hpp) Dan Biaya Pemasaran Terhadap Peningkatan Laba Pada PT. Winata Pratama Indonesia. AKUNTOTEKNOLOGI, 11(1), 13–25. https://doi.org/10.31253/aktek.v11i1.263

Terbitan

Bagian

Articles