Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Transfer Pricing Pada Perusahaan Sektor Consumer Non-Cyclicals Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2022
DOI:
https://doi.org/10.31253/aktek.v16i1.3176Kata Kunci:
Firm Size, Leverage, Profitability, Transfer PricingAbstrak
Transfer pricing merupakan suatu harga atas transfer barang atau jasa dengan nama dan dalam bentuk apapapun antar perusahaan yang mempunyai hubungan istimewa baik didalam negri ataupun luar negri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah firm size, leverage, dan profitability, mempunya pengaruh terhadap transfer pricing. Metode sampel yang digunakan dalam penelitian adalah metode purposive sampling berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, terdapat 20 perusahaan perusahaan yang cocok dengan kriteria sampel penelitian. Dari jumlah sampel 20 perusahaan selama 4 tahun berturut-turut diperoleh total sampel sebanyak 80 sampel. Data penelitian ini menggunakan SPSS versi 25 dengan uji analisis regresi linear berganda, uji t dan uji f. Hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa variabel firm size, dan leverage, berpengaruh terhadap transfer pricing, sedangkan profitability tidak berpengaruh terhadap transfer pricing, dan firm size, leverage, dan profitability secara simultan berpengaruh terhadap transfer pricing.