Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Subsektor Kosmetik Dan Rumah Tangga Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2019-2023
DOI:
https://doi.org/10.31253/aktek.v16i2.3535Kata Kunci:
Profitability, Leverage, Company Size, Company ValueAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Variabel independen yang digunakan yaitu profitabilitas yang diproksikan dengan ROA dan ROE, leverage yang diproksikan dengan DAR dan DER, dan ukuran perusahaan yang diukur dengan Ln (Total Aset). Variabel dependen yang digunakan yaitu nilai perusahaan yang diukur dengan PER. Populasi penelitian ini adalah perusahaan subsektor kosmetik dan rumah tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019-2023. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling, diperoleh sampel sebanyak 6 perusahaan dengan total 30 sampel selama 5 tahun. Data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu laporan keuangan perusahaan di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019-2023. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda dan untuk pengolahan data menggunakan SPSS versi 24. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa profitabilitas secara parsial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, leverage secara parsial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan secara simultan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.