Pengaruh Sales Growth, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Karakteristik Eksekutif Terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)
DOI:
https://doi.org/10.31253/aktek.v13i2.872Kata Kunci:
Tax Avoidance, Sales Growth, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Karakteristik EksekutifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Sales Growth, profitabilitas ukuran perusahaan dan karakteristik eksekutif terhadap Tax Avoidance. Tax Avoidance pada penelitian ini diukur dengan menggunakan pendekatan CETR (cash effective tax rate). Sales Growth diukur dengan menggunakan Sales Growth ratio. Profitabilitas diukur dengan menggunakan Return On Equity (ROE). Ukuran perusahaan diukur dengan menggunakan logaritma natural dari total aset. Karakteristik eksekutif diukur dengan menggunakan risiko perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2019. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang didapatkan sebanyak 28 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan diolah dengan menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Sales growth dan profitabilitas berpengaruh terhadap tax avoidance, sedangkan ukuran perusahaan dan karakteristik eksekutif tidak berpengaruh terhadap tax avoidance.serta Sales growth, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan karakteristik eksekutif secara simultan berpengaruh terhadap tax avoidance