Penerapan Data Mining Untuk Menganalisa Data Penjualan Barang Di Swalayan Dengan Menggunakan Algoritma Fp-Growth
DOI:
https://doi.org/10.31253/algor.v4i2.1546Keywords:
Data mining, asosiasi, algoritma FP-Growth, rapid minerAbstract
Penjualan harian menghasilkan banyak transaksi penjualan, sehingga transaksi penjualan harian menyebabkan terjadinya penumpukan data. Contoh suatu cara untuk dapat meningkatkan pemasaran yang dilakukan adalah dengan menggunakan data penjualan yang telah ada. Data tersebut digunakan bukan hanya untuk arsip perusahaan saja, tetapi dapat diolah dan dimanfaatkan untuk menghasilkan suatu informasi yang berguna untuk meningkatkan penjualan suatu produk. Data operasional bukan satu-satunya data yang cukup untuk mengambil suatu keputusan, dibutuhkannya data yang berasal dari sumber lain. Analisa pada data diperlukan untuk mencari suatu kemungkinan pada informasi dari data. Pengambil keputusan mencoba menggunakan data yang tersedia untuk membuat keputusan di gudang data. Ini telah menghasilkan pengembangan pendekatan baru untuk mengekstraksi informasi. Ini dikenal sebagai penambangan data. Salah satu metode yang dapat menggali informasi ini adalah metode asosiasi dengan algoritma FP-Growth. Algoritma ini merupakan salah satu metode dalam penambangan data yang bertujuan untuk mengetahui produk-produk yang sering terjual dan keterkaitan antar produk satu dengan yang lainnya. Penelitian ini memanfaatkan data sekunder berasal dari situs kaggle yang berjudul groceries dataset dan data diambil berdasarkan atribut yang diperlukan. Pola penjualan kombinasi barang swalayan ini ditentukan berdasarkan nilai support dan nilai confidence, sehingga berdasarkan hasil yang diperoleh nilai support terbesar pada item whole milk dan support terkecil pada item female sanitary product.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Thomas Febrian, Rino Rino
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to the journal Algor, Universitas Buddhi Dharma as the publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases, and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic, and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with written permission from journal Algor.
journal Algor, the Editors, and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the journal Tech-E, Universitas Buddhi Dharma are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.