RANCANG BANGUN APLIKASI ABSENSI SEKOLAH MINGGU DENGAN PENGENALAN WAJAH MENGGUNAKAN PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS (PCA) PADA GEREJA GBI MODERNLAND

  • Ramona Dyah Safitri Universitas Buddhi Dharma
  • Andri Susanto Universitas Buddhi Dharma
  • Rino Rino Universitas Buddhi Dharma
  • Lianny Wydiastuty Kusuma Universitas Buddhi Dharma

Abstract


Gereja Bethel Indonesia Modernland atau GBI Modernland adalah sebuah gereja di Tangerang yang bergerak melayani tuhan dan terutama mengajarkan anak-anak dalam berbagai keterampilan seperti bermusik, menari, atau melakukan sesuatu yang bisa mengembangkan bakat dari setiap individu dan edukasi pendidikan disekolah sd, smp, maupun sekolah minggu. Selama ini untuk melakukan absensi masih menggunakan fingerprint namun pengolahan data yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan sarana yang lebih mudah untuk anak-anak melakukan absensi pada sekolah minggu yang diharapkan bisa digunakan pada sd dan smp ataupun karyawan GBI Moderland dalam melakukan absensi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara juga dilakukan dengan bagian Supervisor di GBI Moderland. Aplikasi absensi  dalam penelitian ini dibuat menggunakan Bahasa pemograman C Sharp.Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Principal Component Analysis (PCA) metode yang mencari sebuah model berbasis komputer yang menggambarkan sebuah wajah dengan mengambil keterangan-keterangan yang penting dari sebuah gambar. Metode ini memiliki beberapa keunggulan salah satunya yaitu dapat bekerja secara cepat dan membutuhkan jumlah memori yang kecil. Pada aplikasi absensi ini terdapat 2 bagian yaitu frontend dan backend. Frontend merupakan halaman utama saat melakukan absensi sedangkan backend halaman untuk admin mengolah dan pengecekan data. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini yaitu  agar bisa memudahkan proses absensi dan dapat mengatasi masalah yang ada di GBI Moderland.


 



Published
2021-06-15
How to Cite
SAFITRI, Ramona Dyah et al. RANCANG BANGUN APLIKASI ABSENSI SEKOLAH MINGGU DENGAN PENGENALAN WAJAH MENGGUNAKAN PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS (PCA) PADA GEREJA GBI MODERNLAND. ALGOR, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 31-40, june 2021. ISSN 2715-0577. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/algor/article/view/567>. Date accessed: 28 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.31253/algor.v2i2.567.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>