Penerapan Data Mining Pada Penjualan Pakaian Brand Expand Dengan Algoritma Apriori Menggunakan Metode Association Rules PT. Vidiaelok Lestari Garmindo

  • Benny Lienata Universitas Buddhi Dharma
  • Indah Fenriana Universitas Buddhi Dharma
  • Andre - Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Pada era saat ini kebutuhan masyarakat terhadap pakaian semakin meningkat dalam kasus ini yang dibutuhkan masyarakat adalah pakaian yang nyaman, dan mampu melindungi kulit dan tubuh manusia. Banyaknya   persaingan   dalam   dunia   bisnis   khususnya   dalam   industri penjualan pakaian,  menuntut  para  pengembang  untuk  menemukan  suatu  strategi  yang dapat  meningkatkan  penjualan  dan  pemasaran  produk  yang  dijual,  salah  satunya adalah   dengan   pemanfaatan   data   penjualan   produk   pakaian dengan salah satu teknik data mining, yaitu asosiasi. PT. Vidiaelok Lestari Garmindo adalah salah satu perusahaan yang rutin melakukan pencatatan data transaksi penjualan. Data tersebut dapat digunakan untuk menganalisa produk mana yang paling laku terjual yang dapat digunakan untuk kebutuhan strategi pemasaran atau promosi. Proses menganalisa produk mana yang paling laku terjual yang dilakukan secara manual tentu akan membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih besar. Oleh karena itu, maka dilakukan penelitian serta perancangan sebuah aplikasi yang dapat mengetahui produk mana yang paling laku terjual dengan menggunakan metode asosiasi, serta menggunakan apriori sebagai algoritmanya. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan implementasi aturan asosiasi dengan algoritma apriori ke dalam sebuah aplikasi berbasis web yang diharapkan dapat membantu PT. Vidiaelok Lestari Garmindo dalam mengetahui produk mana yang paling laku terjual. Aplikasi berbasis web yang dihasilkan melakukan analisa produk yang paling banyak terjual dari data transaksi yang dimasukkan, selain itu pengguna dapat menentukan rentang tanggal pada data yang ingin dianalisa, serta minimum support dan minimum confidence yang diinginkan guna menentukkan strategi pemasaran agar produk yang lain dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.

Published
2021-09-27
How to Cite
LIENATA, Benny; FENRIANA, Indah; -, Andre. Penerapan Data Mining Pada Penjualan Pakaian Brand Expand Dengan Algoritma Apriori Menggunakan Metode Association Rules PT. Vidiaelok Lestari Garmindo. ALGOR, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 83-95, sep. 2021. ISSN 2715-0577. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/algor/article/view/647>. Date accessed: 16 jan. 2022. doi: https://doi.org/10.31253/algor.v3i1.647.