Penerapan Data Mining Pada Penjualan Pakaian Brand Expand Dengan Algoritma Apriori Menggunakan Metode Association Rules PT. Vidiaelok Lestari Garmindo
DOI:
https://doi.org/10.31253/algor.v3i1.647Kata Kunci:
Data mining, Asosiasi, Apriori, Aplikasi, WebAbstrak
Pada era saat ini kebutuhan masyarakat terhadap pakaian semakin meningkat dalam kasus ini yang dibutuhkan masyarakat adalah pakaian yang nyaman, dan mampu melindungi kulit dan tubuh manusia. Banyaknya persaingan dalam dunia bisnis khususnya dalam industri penjualan pakaian, menuntut para pengembang untuk menemukan suatu strategi yang dapat meningkatkan penjualan dan pemasaran produk yang dijual, salah satunya adalah dengan pemanfaatan data penjualan produk pakaian dengan salah satu teknik data mining, yaitu asosiasi. PT. Vidiaelok Lestari Garmindo adalah salah satu perusahaan yang rutin melakukan pencatatan data transaksi penjualan. Data tersebut dapat digunakan untuk menganalisa produk mana yang paling laku terjual yang dapat digunakan untuk kebutuhan strategi pemasaran atau promosi. Proses menganalisa produk mana yang paling laku terjual yang dilakukan secara manual tentu akan membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih besar. Oleh karena itu, maka dilakukan penelitian serta perancangan sebuah aplikasi yang dapat mengetahui produk mana yang paling laku terjual dengan menggunakan metode asosiasi, serta menggunakan apriori sebagai algoritmanya. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan implementasi aturan asosiasi dengan algoritma apriori ke dalam sebuah aplikasi berbasis web yang diharapkan dapat membantu PT. Vidiaelok Lestari Garmindo dalam mengetahui produk mana yang paling laku terjual. Aplikasi berbasis web yang dihasilkan melakukan analisa produk yang paling banyak terjual dari data transaksi yang dimasukkan, selain itu pengguna dapat menentukan rentang tanggal pada data yang ingin dianalisa, serta minimum support dan minimum confidence yang diinginkan guna menentukkan strategi pemasaran agar produk yang lain dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to the journal Algor, Universitas Buddhi Dharma as the publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases, and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic, and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with written permission from journal Algor.
journal Algor, the Editors, and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the journal Tech-E, Universitas Buddhi Dharma are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.