Pengaruh Produk, Harga, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Papa Fried Chicken cabang Kutabumi
Keywords:
Produk, Harga, Lokasi, Keputusan PembelianAbstract
Di Indonesia, persaingan bisnis industri makanan cepat saji sudah semakin meluas dan kompetitif. Hal ini membuat faktor seperti produk, harga, dan juga lokasi memiliki peran yang penting dalam membentuk keputusan pembelian konsumen. . Tentunya hal ini menimbulkan persaingan yang sangat ketat antar berbagai merek fried chicken, salah satunya adalah Papa Fried Chicken cabang Kutabumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana produk, harga, dan lokasi dapat memengaruhi keputusan pembelian, serta untuk menguji adanya hubungan antara variabel-variabel tersebut terhadap keputusan pembelian pada Papa Fried Chicken cabang Kutabumi. Dalam penelitian ini, peneliti menerapkan teknik non-probability sampling dengan metode Purposive Sampling sebagai cara pengambilan sampel. Data utama diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan selama 14 hari, mulai dari 12 Desember 2024 hingga 21 Desember 2024 dan 17 Februari 2025 sampai 20 Februari 2025. Dari penyebaran tersebut, terkumpul sebanyak 136 responden yang memberikan jawaban atas 40 pernyataan dengan lima pilihan jawaban. Analisis data dilakukan dengan berbagai uji, yaitu uji frekuensi, validitas, reliabilitas, asumsi klasik, dan uji hipotesis. Setelah itu, dilakukan uji F (simultan) dan uji T menggunakan perangkat lunak SPSS versi 26. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi, dapat dihasilkan nilai R Square adalah 0,844 atau sekitar 84,4% variasi dalam Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh ketiga variabel tersebut. Sedangkan berdasarkan hasil uji F, dapat dihasilkan F hitung sebesar 238,588 yang lebih tinggi dari F tabel sekitar 2,67 dengan nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Dari hasil uji tersebut menunjukkan bahwa secara simultan, kualitas produk, harga, dan lokasi juga terbukti berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian.