Analisis Pengaruh Desain Aplikasi, Kemudahan Penggunaan Aplikasi, dan Keamanan Transaksi terhadap Keputusan Pembelian Online Mahasiswa Universitas Buddhi Dharma pada Platform Shopee

Authors

  • Felicia Padma Susilo Universitas Buddhi Dharma
  • Andy Andy Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Desain Aplikasi, Kemudahan penggunaan aplikasi, Keamanan Transaksi, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh desain aplikasi, usability, dan keamanan transaksi terhadap pilihan pembelian online mahasiswa Universitas Buddhi Dharma pada platform e-commerce Shopee. Penulis menggunakan teknik kuantitatif dengan mengirimkan kuesioner kepada seratus responden. Penulis menggunakan IBM SPSS25 untuk mengolah data dan menghasilkan persamaan linier berganda, Y = -0,715 + 0,551X1 + 0,259X2 + 0,223X3, dimana masing-masing desain aplikasi mengalami kenaikan atau penurunan sebesar 1 poin. Hal ini menunjukkan bahwa keputusan konsumen platform e-commerce Shopee memiliki pengaruh parsial sebesar 0,551, yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 11,617 > 1,985. Dimulai dari kenaikan atau penurunan keamanan transaksi ditambah 1 poin, menunjukkan bahwa keamanan transaksi konsumen pada platform e-commerce Shopee memiliki pengaruh positif parsial sebesar 0,223. Hal ini didukung dengan nilai t hitung > t tabel sebesar 7.035 > 1.985 yang menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan platform e-commerce Shopee berpengaruh signifikan sebesar 0,259. Selanjutnya nilai uji F desain aplikasi, kegunaan, dan keamanan transaksi terhadap pilihan pembelian menunjukkan bahwa nilai F hitung > F tabel atau 55.953 > 3.091 yang menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Penelitian ini menunjukkan bahwa faktor Desain Aplikasi, Kegunaan, dan Keamanan Transaksi secara bersama-sama memiliki hubungan positif satu sama lain dan mempengaruhi keputusan pembelian. Dengan kata lain penelitian ini menyimpulkan bahwa desain aplikasi, kemudahan penggunaan, dan keamanan transaksi platform e-commerce Shopee secara bersama-sama dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-04-29