Pengaruh Peran Influencer, Konten Media.Sosial, dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kantong Plastik Sampah di e-commerce PACKBAG ID

Authors

  • Tri Yunia Hagses Universitas Buddhi Dharma
  • Agus Kusnawan Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Peran influencer, Konten Media Sosisal, Variasi Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh influencer, konten media sosial, dan variasi produk terhadap keputusan pembelian sampah plastik kantong di e-commerce PACKBAG ID. Penelitian ini menggunakan SPSS versi 25 sebagai perangkat lunak dan menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu dengan mengirimkan kuesioner berupa Google Form kepada partisipasi PACKBAG ID berjumlah 100 pelanggan.Dari hasil analisis menggunakan koefisien determinasi memiliki nilai R Square yaitu 52,7% yang artinya bahwa 52,7% dari keputusan pembelian kantong plastik sampah di e-commerce PACKBAG ID dipengaruhi oleh variabel peran influencer, konten media sosial dan variasi produk. Hasil penelitian parsial yaitu pengaruh peran influencer (Thitung 4,542), konten media sosial (Thitung -0.474) dan variasi produk (Thitung 3,267) berpengaruh terhadap keputusan pembelian lebih dari Ttabel yaitu 1,984. Secara simultan peran influencer, konten media sosial, dan variasi produk Fhitung 35,638 > Ftabel 2,70. Kesimpulan-nya bahwa peran influencer, konten media sosial dan variasi produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian kantong plastik sampah di e-commerce PACKBAG ID.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-04-29