Pengaruh Growth Opportunities, Intensitas Modal, Debt Covenant, dan Tax Planning terhadap Konservatisme Akuntansi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021)

Authors

  • Frishka Suherlin Daeli Universitas Buddhi Dharma
  • Sutandi Sutandi Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Growth Opportunities, Intensitas Modal, Debt Covenant, Tax Planning, Konservatisme Akuntansi

Abstract

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh growth opportunities, intensitas modal, debt covenant, dan tax planning terhadap tingkat konservatisme akuntansi yang ditampilkan oleh perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI antara tahun 2017 dan 2021.

Perusahaan yang dicakup dalam penelitian ini adalah penyedia jasa perdagangan di bursa efek Indonesia antara tahun 2017 dan 2021. Dua puluh bisnis yang memenuhi persyaratan dipilih sebagai sampel. Sampling bertujuan digunakan sebagai metode pilihan. Regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini.

Penelitian ini mengungkapkan bahwa konservatisme akuntansi dipengaruhi oleh growth opportunities, intensitas modal, dan tax planning, tetapi tidak dipengaruhi oleh debt covenant. Konservatisme akuntansi dipengaruhi secara signifikan oleh setiap variabel independen.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-10