Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Tax Avoidance ( Studi Empiris pada perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018 – 2021)

Authors

  • Andreas Deny Prayoga Universitas Buddhi Dharma
  • Farid Addy Sumantri Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial, Tax Avoidance

Abstract

Riset ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengarug leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan dan kepemilikan manajerial terhadap tax avoidance. Populasi dalam riset ini berjumalah 47 perusahaan dengan sampel yang dipilih sebnyak 10 perusahaan. Sampel ini dilakukan menggunakan metode purposive sampling berdasarkan sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 40 selama  4 tahun pengamatan yang termasuk ke dalam Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 2018-2021. Kemudian analisis data memakai microsoft excel dan software SPSS 25.

Hasil riset ini menunjukkan bahwa (1) leverage secara parsial berpengaruh terhadap tax avoidance, (2) profitabilitas secara parsial berpengaruh terhadap tax avoidance, (3) ukuran perusahaan secara parsial tidak berpengaruh terhadap tax avoidance, (4) kepemilikan manajerial secara parsial tidak berpengaruh terhadap tax avoidance, (5) leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan kepemilikan manajerial secara simultan berpengaruh terhadap tax avoidance

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16