Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kantong Plastik pada PT. Maju Jaya Utama Lestari

Authors

  • Rosalia Rosalia Universitas Buddhi Dharma
  • Puti Lenggo Ginny Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Harga, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian kantong plastik pada PT. Maju Jaya Utama Lestari. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden adalah seluruh customer kantong plastik PT. Maju Jaya Utama Lestari. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner, dan pengolahan data pada penelitian ini menggunakan SPSS 21. Teknik sampling yang dipakai adalah rumus Krecie dan Morgan. Metode penelitian yang digunakan yaitu model penelitian deskriptif dimana menggambarkan secara sistematis dan akurat mengenai faktor-faktor yang diteliti. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas  dengan nilai rhitung dan uji reliabilitas dengan nilai Cronbach’s Alpha, Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian.

Hasil dari pengolahan data diperoleh persamaan linear berganda Y = 5,388 + 0,606 X1 + 0,271 X2 , artinya setiap peningkatan atau penurunan harga  sebesar 1 poin, maka keputusan pembelian pada PT. Maju Jaya Utama Lestari  akan mengalami peningkatan atau penurunan 0,606 dan setiap peningkatan atau penurunan hasil promosi sebesar 1 poin, maka keputusan pembelian pada PT. Maju Jaya Utama Lestari akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0,271.

Selain menghitung hubungan antara variabel bebas dengan variabel terkait, pada penelitian ini dihitung pada hubungan antara variabel. Korelasi antara harga dan keputusan pembelian sebesar 0,606, korelasi antara promosi dengan keputusan pembelian pembelian sebesar 0,271, maka dapat dikata hubungan ketiga variabel tersebut adalah cukup kuat dan positif.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-12-08