Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan dan Persepsi Resiko pada Pemabayaran Elektronik Terhadap Minat Menggunakan Ulang Gopay (Studi Kasus di Kalangan Mahasiswa Fakultas Bisnis Universitas Buddhi Dharma)

  • Tiara Natalie Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa dan melakukan pengujian mengenai pengaruh dari persepsi kemudahan, persepsi kepercayaan dan persepsi resiko pada pembayaran elektronik terhadap minat menggunakan ulang gopay di kalangan mahasiswa. Sebagai kerangka dasar dalam penelitian ini menggunakan teori tam dan pengambilan sampel terhadap responden yang menggunakan gopay di mahasiswa fakultas bisnis Universitas Buddhi Dhama Tangerang. Sampel diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling dari seluruh kuesioner yang tersebar sejumlah 100 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan dan persepsi kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap minat menggunakan ulang gopay, sedangkan persepsi resiko berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat menggunakan ulang gopay.


Hasil penelitian diperoleh F hitung untuk model 1 adalah 33.073 dengan tingkat signifikan 0,000 dimana angka 0,000 < 0,05 dan juga F hitung > F tabel atau 33.073 > 2.70 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh simultan (bersama-sama) secara signifikan antara variabel kemudahan , kepercayaan dan resiko terhadap minat menggunakan ulang gopay .


Untuk t hitung kemudahan (X1) lebih tinggi nilainya dari t tabel atau 3,553 > 1,66071, dan t hitung kepercayaan (X2) lebih tinggi dari t tabel atau 3.005 > 1,166071, dan t hitung resiko (X3) 0,397 < 1,66071 dengan tingkat signifikansi nilai probabilitas untuk kemudahan sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai probabilitas untuk kepercayaan sebesar 0,03 < 0,05 serta untuk resiko sebesar 0,692 > 0,05  maka ha diterima dan ho ditolak. Hasil ini menunjukkan bahwa kemudahan, kepercayaan dan resiko secara parsial berpengaruh  signifikan terhadap minat menggunakan ulang gopay.

Published
2021-12-08
How to Cite
NATALIE, Tiara. Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan dan Persepsi Resiko pada Pemabayaran Elektronik Terhadap Minat Menggunakan Ulang Gopay (Studi Kasus di Kalangan Mahasiswa Fakultas Bisnis Universitas Buddhi Dharma). Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 830-838, dec. 2021. ISSN 2809-381X. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros/article/view/1162>. Date accessed: 06 july 2022.