Pengaruh Sistem Pelaporan Online, Modernisasi Sistem Perpajakan Dan Sanksi Pajak Terhadap Kesadaran Wajib Pajak Badan (Studi Kasus Pada PT. Matahari Putra Prima, Tbk)

Authors

  • Virnia Agatha Universitas Buddhi Dharma
  • Suryadi Winata Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Sistem Pelaporan Online, Modernisasi Sistem Perpajakan, Sanksi Pajak, Kesadaran Wajib Pajak Badan

Abstract

Tingkat kepatuhan Wajib Pajak merupakan unsur terpenting dalam mempengaruhi tingkat realisasi penerimaan pajak negara. Tidak semua wajib pajak patuh memenuhi kewajiban perpajakannya, sehingga dari tahun ke tahun, realisasi penerimaan pajak belum mencapai target. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem pelaporan online serta modernisasi perpajakan yang sudah berjalan dan sanksi pajak secara persial dan simultan terhadap kepatuhan wajib pajak badan pada PT. Matahari Putra Prima Tbk..

Metode  penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilaksanakan melalui penyebaran kuesioner kepada responden di PT Matahari Putra Prima Tbk.. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan incidental sampling yaitu responden yang secara kebetulan/insidental ditemui cocok dan dapat dijadikan sebagai sumber data atau memenuhi kriteria. Teknis analisis data yaitu regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS versi 25.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Sistem Pelaporan Online dan Modernisasi Perpajakn tidak signifikan, namun berpengaruh positif terhadap kepatuhan Wajib Pajak Badan, sedangkan Sanksi Pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Badan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-10-15