Pengaruh Suasana Toko, Promosi, dan Keragaman Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Mr. DIY Mall Ramayana Cengkareng, Jakarta Barat
Abstract
Dengan banyaknya permintaan dari masyarakat akan produk yang semakin
berkembang, maka banyak persaingan perusahaan dalam menciptakan produk
baru.(Dinata, Fung, & Sutisna, 2019; Ginny, 2019; Ginny & Jasumin, 2019; Pujiarti,
Satrianto, & Angreni, 2019; Sutisna, 2019) Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui: Pengaruh suasana toko, promosi dan keragaman produk terhadap
keputusan pembelian konsumen pada Mr.DIY Mall Ramayana Cengkareng, Jakarta
Barat. (Farunik, 2019; Natalie, 2019; Purnama, Hanitha, & Listen, 2019; Wibowo &
Listen, 2019; Yoyo, Sutisna, & Silaban, 2019)Metode yang digunakan dalam
penelitian yaitu dengan metode kuantitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan
menyebarkan kuesioner dan pengolahan data menggunakan SPSS 25. (Angreni,
2020; Angreni, Hidayat, Listen, & Yana, 2019; Hidayat & Hartanto, 2019;
Parameswari, 2020; Purnama, Hanitha, & Angreni, 2020)
Dari hasil korelasi antar variabel, diperoleh asil hubungan antar variabel bebas
dan variabel terikat yaitu suasana toko, promosi dan keragaman produk
mempengaruhi keputusan pembelian konsumen sebesar 59% dan sisanya 41%
dipengaruhi faktor lain.(Listen, Angreni, Farunik, & Yana, 2020; Natalia, Sutisna, &
Farunik, 2020; Parameswari, Pujiarti, & Hernawan, 2020; Sutisna, 2020; Yoyo &
Listen, 2020)
Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh t hitung untuk suasana toko
sebesar 2.048, t hitung promosi sebesar 3.756, dan t hitung untuk keragaman produk
sebesar 2.981, dengan t table sebesar 1.98472 yang diperoleh dari t tabel distribusi
untuk df = 97 dan nilai sig 0,05. Dengan kata lain Ha diterima dan Ho ditolak
karena thitung lebih besar dari t tabel.(Hidayat, 2020a, 2020b; Tholok, Parameswari,
& Pujiarti, 2020)