Pengaruh Suasana Toko, Promosi, dan Keragaman Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Mr. DIY Mall Ramayana Cengkareng, Jakarta Barat

Authors

  • Nurdiyah Ayuningsih Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Dengan banyaknya permintaan dari masyarakat akan produk yang semakin
berkembang, maka banyak persaingan perusahaan dalam menciptakan produk
baru.(Dinata, Fung, & Sutisna, 2019; Ginny, 2019; Ginny & Jasumin, 2019; Pujiarti,
Satrianto, & Angreni, 2019; Sutisna, 2019) Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui: Pengaruh suasana toko, promosi dan keragaman produk terhadap
keputusan pembelian konsumen pada Mr.DIY Mall Ramayana Cengkareng, Jakarta
Barat. (Farunik, 2019; Natalie, 2019; Purnama, Hanitha, & Listen, 2019; Wibowo &
Listen, 2019; Yoyo, Sutisna, & Silaban, 2019)Metode yang digunakan dalam
penelitian yaitu dengan metode kuantitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan
menyebarkan kuesioner dan pengolahan data menggunakan SPSS 25. (Angreni,
2020; Angreni, Hidayat, Listen, & Yana, 2019; Hidayat & Hartanto, 2019;
Parameswari, 2020; Purnama, Hanitha, & Angreni, 2020)
Dari hasil korelasi antar variabel, diperoleh asil hubungan antar variabel bebas
dan variabel terikat yaitu suasana toko, promosi dan keragaman produk
mempengaruhi keputusan pembelian konsumen sebesar 59% dan sisanya 41%
dipengaruhi faktor lain.(Listen, Angreni, Farunik, & Yana, 2020; Natalia, Sutisna, &
Farunik, 2020; Parameswari, Pujiarti, & Hernawan, 2020; Sutisna, 2020; Yoyo &
Listen, 2020)
Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh t hitung untuk suasana toko
sebesar 2.048, t hitung promosi sebesar 3.756, dan t hitung untuk keragaman produk
sebesar 2.981, dengan t table sebesar 1.98472 yang diperoleh dari t tabel distribusi
untuk df = 97 dan nilai sig 0,05. Dengan kata lain Ha diterima dan Ho ditolak
karena thitung lebih besar dari t tabel.(Hidayat, 2020a, 2020b; Tholok, Parameswari,
& Pujiarti, 2020)

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-12-08