Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Studi Kasus Pada Jasa Laundry PT. Indah Jaya Londrindo

Authors

  • Danny Wilianto Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Para peserta disurvei untuk hasil riset ini. Pengaruh pelayanan, harga dan advertensi terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Indah Jaya Londrindo ditentukan dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Selanjutnya hasil diolah melalui SPSS versi 25. Metode yang digunakan dalam riset ini bersifat kuantitatif karena menggunakan metode pengumpulan data dan instrumen riset mengenai faktor-faktor yang diteliti. Data dalam riset ini diuji menggunakan Cronbach's alpha — pengujian validitas dan reliabilitas. Hipotesis riset diuji melalui analisis regresi linier berganda, pengujian r, t dan F.

Persamaan Y = 0,751 + 0,001 X1 + 0,558 X2 + 0,338 X3 + berasal dari analisis regresi linier berganda. Hal ini menunjukkan bahwa jika X1, X2, dan X3 berubah sebesar 1 poin maka elastis Y akan berubah sebesar 0,751, 0,001, 0,558 dan 0,338.

Dengan menggunakan pengujian-t dan pengujian-F, dimungkinkan untuk menentukan apakah suatu elastis berpengaruh. Ini ditentukan dengan menjalankan hasil melalui ttabel dan thitung. Ttabel sama dengan 1,66088 dan thitung sama dengan 0,021. Selanjutnya, Ftabel dibandingkan dengan Fhitung. Elastis-elastis ini dibandingkan dengan nilai yang sesuai dari 2,70 dan 8,223. Jika ttabel lebih kecil dari thitung atau Ftabel lebih kecil dari Fhitung, maka elastis tersebut dapat dikatakan berpengaruh. Selain itu, hasil lain dapat diperiksa melalui metode ini: hasil analisis harga dengan thitung 8223 yang lebih besar dari Ttabel; hasil analisis advertensi dengan thitung 021 lebih kecil dari ttabel; dan hasil analisis mutu pelayanan yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan hitung sebesar 8138 lebih besar dari ttabel. Setelah membandingkan hasil tersebut dengan yang diperoleh dari pengujian-F, disimpulkan bahwa semua elastis berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Fhitung sebesar 56574 dan tingkat kesalahan 5% — atau a = 0,05 — dengan hasil signifikansi 0 < a = 0,05. Akibatnya, dinyatakan bahwa Ho dapat ditolak dan Ha dapat diterima sebagai benar.

Nilai Adjusted R-square untuk Pengaruh Advertensi, Harga dan Mutu Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan adalah sebesar 0,627 atau 62,7%. Artinya ketiga atribut tersebut secara simultan berpengaruh sebesar 62,7% terhadap Kepuasan Pelanggan sedangkan sisanya sebesar 37,3% dipengaruhi secara terpisah.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-12-08