Pengaruh Promosi,Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Studi Kasus Pada Jasa Laundry PT.Indah Jaya Londrindo
Keywords:
Advertensi, Harga, Mutu Layanan, Kepuasan PelangganAbstract
Para peserta disurvei untuk hasil riset ini. Pengaruh pelayanan, harga dan advertensi terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Indah Jaya Londrindo ditentukan dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Selanjutnya hasil diolah melalui SPSS versi 25. Metode yang digunakan dalam riset ini bersifat kuantitatif karena menggunakan metode pengumpulan data dan instrumenriset mengenai faktor-faktor yang diteliti. Data dalam riset ini diuji menggunakan Cronbach's alpha—pengujian validitas dan reliabilitas. Hipotesis riet diuji melalui analisis regresi linier berganda, pengujianr, t dan F. Persamaan Y = 0,751 + 0,001 X1 + 0,558 X2 + 0,338 X3 + berasal dari analisis regresi linier berganda. Hal ini menunjukkan bahwa jika X1, X2, dan X3 berubah sebesar 1 poin maka elastis Y akan berubah sebesar 0,751, 0,001, 0,558 dan 0,338.Dengan menggunakan pengujian-t dan pengujian-F, dimungkinkan untuk menentukan apakah suatu elastis berpengaruh. Ini ditentukan dengan menjalankan hasil melalui t tabel dan t hitung. T tabel sama dengan 1,66088 dan t hitung sama dengan 0,021. Selanjutnya, F tabel dibandingkan dengan F hitung. Elastis-elastis ini dibandingkan dengan nilai yang sesuai dari 2,70 dan 8,223. Jika t tabel lebih kecil dari t hitung atau F tabel lebih kecil dari F hitung, maka elastis tersebut dapat dikatakan berpengaruh. Selain itu, hasil lain dapat diperiksa melalui metode ini: hasil analisis harga dengan thitung 8223 yang lebih besar dari T tabel; hasil analisis advertensi dengan t hitung 021 lebih kecil dari t tabel; dan hasil analisis mutu pelayanan yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggandengan hitung sebesar 8138 lebih besar dari t tabel. Setelah membandingkan hasil tersebut dengan yang diperoleh dari pengujian-F, disimpulkan bahwa semua elastis berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan dengan F hitung sebesar 56574 dan tingkat kesalahan 5%—atau a = 0,05—dengan hasil signifikansi 0 < a = 0,05. Akibatnya, dinyatakan bahwa Ho dapat ditolak dan Ha dapat diterima sebagai benar. Nilai Adjusted R-square untuk Pengaruh Advertensi, Harga dan Mutu Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan adalah sebesar 0,627 atau 62,7%.Artinya ketiga atribut tersebut secara simultan berpengaruh sebesar 62,7% terhadap Kepuasan Pelanggan sedangkan sisanya sebesar 37,3% dipengaruhi secara terpisah.