Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen, Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Toko Mawar Nirwana Slik Flower MFG. FTY)

Authors

  • Silvie Aprilia Universitas Buddhi Dharma
  • Toni Yoyo Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Kualitas Produk , Kepuasan Konsumen, Lokasi, Loyalitas Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui seberapa besar pengaruh kualitas produk, kepuasan konsumen, dan lokasi terhadap loyalitas konsumen pada Toko Mawar Nirwana Tangerang Silk Flower MFG. FTY. Sampel penelitian ini  berjumlah 200 responden. Hasil yang di dapat secara parsial menyatakan bahwa nilai korelasi pada kualitas produk (X1) sebesar 0,815 dimana menunjukan hubungan yang kuat, variabel kepuasan konsumen (X2) memiliki nilai korelasi sebesar 0,640 juga menunjukan hubungan yang kuat, variabel lokasi (X3) memiliki nilai korelasi sebesar 0,633 yang artinya menunjukan memiliki hubungan yang cukup kuat dengan loyalitas konsumen. Hasil yang di dapatkan secara parsial menyatakan bahwa variabel kualitas produk (X1) memberikan pengaruh positif dan signifikan dengan nilai thitung > ttabel 6,679 > 1,972 dengan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05, variabel kepuasan konsumen (X2) memberikan pengaruh secara positif dan signifikan dengan nilai thitung > ttabel 12,794 > 1,972 dengan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05, variabel lokasi (X3) memberikan tidak pengaruh positif dan signifikan dengan nilai thitung > ttabel 17,939 > 1,972 dengan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05. Hasil yang di dapatkan secara simultan menyatakan terdapat nilai Adjusted R Square (koefisien determinasi) sebesar 0.781, yang artinya pengaruh variable independent (X) terhadap variable dependent (Y) sebesar 78,4%. Dan sisanya sebesar 21,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian.

Hasil yang di dapatkan secara simultan Fhitung > Ftabel 237.415 > 2,65 dengan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05 artinya kualitas produk, kepuasan konsumen, dan lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-04-29