PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. GUNA KARYA ELEKTRIK

  • Nela Nela Buddhi Dharma Universitas

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja pada PT. Guna Karya Elektrik.


Penelitian ini memakai sample berjumlah 80 responden, metode pengumpulan data memakai kuesioner dan pengolahan data menggunakan SPSS 25.


Pengujian hipotesis memakai analisis model statistic yang terdiri dari uji deskriptif, uji linear berganda, uji realibilitas, uji validitas, uji asumsi klasik, uji F, uji t dan koefisien determinasi (R2).


Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variable budaya organisasi(X1) dan lingkungan kerja (X2) terhadap kepuasan kerja (Y) pada PT. Guna Karya Elektrik diperoleh 0,025 untuk budaya organisasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja, dan 0,000 untuk lingkungan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja.


Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh dari f hitung 0,000 Hal ini menunjukkan jika variabel independent dalam penelitian ini yaitu budaya organisasi dan lingkungan kerja masing-masing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya variabel independent berpengaruh terhadap variabel dependent.

Published
2021-12-08
How to Cite
NELA, Nela. PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. GUNA KARYA ELEKTRIK. Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 208-221, dec. 2021. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros/article/view/721>. Date accessed: 16 jan. 2022.