PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, KETERAMPILAN DAN KOMPETENSI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA SEKOLAH ARIYA METTA TANGERANG

  • Viska Winata Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah lingkungan kerja, keterampilan dan kompetensi mempunyai pengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan. Populasi ysng digunakan pada penelitian ini adalah karyawan Pada Sekolah Ariya Metta Tangerang yaitu berjumlah 37 karyawan.


Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan ke 37 karyawan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis model statistik yang terdiri dari uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji Multikolinearitas, uji Heteroskedastisitas, uji T dan uji F.


Hasil dari pengolahan data menggunakan SPSS Versi 25. Pada Uji T diperoleh thitung untuk lingkungan kerja (X1) sebesar 8.679 dan ttabel adalah 2,035 berarti nilai thitung lebih besar dari ttabel (8,679 > 2,035), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Untuk variable Keterampilan (X2) diperoleh thitung sebesar 5,368 dan ttabel adalah 2,035 berarti nilai thitung lebih besar dari ttabel (5,368 > 2,035), maka H0 ditolak dan H2 diterima. Dan untuk variable Kompetensi (X3) diperoleh thitung sebesar 4,192 dan ttabel adalah 2,035 berarti nilai thitung lebih besar dari ttabel (4,192 > 2,035), maka H0 ditolak dan H3 diterima.


Dari hasil uji F adalah nilai fhitung sebesar 11.034 dengan tingkat signifikasi 0.000 artinya 0.000 < 0.05 dan ftabel = 2,883 artinya 11.034 > 2,883. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat hubungan linear antar variable Lingkungan Kerja (X1), Keterampilan (X2), dan Kompetensi (X3) terhadap Kepuasan Karyawan (Y) secara tepat. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima.

Published
2021-12-08
How to Cite
WINATA, Viska. PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, KETERAMPILAN DAN KOMPETENSI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA SEKOLAH ARIYA METTA TANGERANG. Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 286-296, dec. 2021. ISSN 2809-381X. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros/article/view/725>. Date accessed: 05 july 2022.