Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Le-Minerale Pada Toko Retail Kota Tangerang (Studi Kasus Di Pt. Laris Food Indonesia)

  • Vincent Virgo Dinata Universitas Buddhi Dharma
  • Tjong Se Fung Universitas Buddhi Dharma
  • Nana Sutisna Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Penulisan penelitian ini adalah bertujuan mengetahui seberapa jauh kualitas harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Le-Minerale. Penelitian yang dilakukan adalah dengan menyebarkan kuisioner, sedangkan untuk metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode deskriptif. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan analisis koefisien korelasi, analisis regresi linear berganda dan uj F serta uji T.
Dari hasil analisis penulis memperoleh hasil sebagai berikut. Dari analisis regresi linear berganda maka didapat persamaan Y = 22.299 + 0.112X1+ 0.366X2
dimana artinya Harga (variabel X1) terjadi peningkatan atau penurunan sebesar 1 poin maka keputusan pembelian produk Le-Minerale (variabel Y) akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0.112, dan promosi (variabel X2) terjadi peningkatan atau penurunan sebesar 1 poin maka keputusan pembelian produk LeMinerale (variabel Y) akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0.366. Dari analisis hubungan koefesien korelasi ditunjukan oleh nilai koefesien korelasi harga sebesar 0.236 mendekati 1, dan nilai koefesien korelasi promosi sebesar 0,473 maka hubungannya kuat dan memiliki hubungan positif terhadap keputusan pembelian produk Le-Minerale. Dari hasil uji F model 1 didapat nilai 4.608, dan untuk model 2 didapat nilai 12.341 dimana nilai tersebut lebih besar dari Ftabel sebesar 2.72, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Pada uji T diketahui hasil, pada kolom T diketahui bahwa Thitung untuk harga (X1) adalah sebesar 1.386, kolom Thitung untuk promosi (X2) adalah sebesar 4.360, dengan menggunakan tabel distribusi normal T dan menggunakan tingkat kesalahan (α) sebesar 5% serta kebebasan (degree of freedom) atau (df) n-2 = 80-2 = 78, maka diperoleh nilai distribusi tabel T adalah 1.990. Oleh karena Thitung harga < dari tabel T yaitu 1990, maka Ho diterima dan Ha ditolak dan promosi > dari tabel T yaitu 1.990, maka Ho ditolak
dan Ha diterima 

Published
2019-09-13
How to Cite
DINATA, Vincent Virgo; FUNG, Tjong Se; SUTISNA, Nana. Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Le-Minerale Pada Toko Retail Kota Tangerang (Studi Kasus Di Pt. Laris Food Indonesia). Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, [S.l.], v. 17, n. 3, sep. 2019. ISSN 2614-6789. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/PE/article/view/187>. Date accessed: 23 oct. 2019.