Pengaruh Penjaminan Kredit Daerah Dan Bankable Terhadap Pertumbuhan Umkm Di Provinsi Banten ( Yang Terdaftar Di Pt. Jamkrida Banten Priode 2015-2018)

  • Deni Sunaryo Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan salah satu sumber yang dapat diandalkan di Indonesia. Berdasarkan Kementrian Perindustrian Republik Indonesia tahun 2016 sektor UMKM menyumbang 60.34% terhadap produk domestik bruto (PDB) dalam lima tahun terakhir. Keberadaan UMKM terbukti mampu menjadi penyelamat perekonomian, khususnya di Indonesia. Sektor UMKM menyerap 97.22% tenaga kerja dari pelaku usaha nasional.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh variabel Penjaminan Kredit Daerah terhadap variabel Pertumbuhan UMKM, pengaruh variabel Bankable terhadap variabel Pertumbuhan UMKM, dan pengaruh variabel Penjaminan Kredit Daerah dan Bankable terhadap variabel Pertumbuhan UMKM. 


Metode pengumpulan data sekunder melalui PT Jamkrida Banten dengan cara bertatap muka langsung dengan jumlah 80 perusahaan/pelaku UMKM Priode 2015-2018. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial variabel Penjaminan Kredit Daerah berpengaruh signifikan terhadap variabel Pertumbuhan UMKM dengan arah negatif, variabel Bankable Kredit UMKM berpengaruh signifikan terhadap variabel Pertumbuhan UMKM dengan arah positif. Secara simultan variabel Penjaminan Kredit Daerah dan variabel Bankable berpengaruh signifikan terhadap variabel Pertumbuhan UMKM. Hasil penelitian ini dapat mengkonfirmasi temuan sebelumnya dan diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi penelitian selanjutnya.

Published
2019-09-13
How to Cite
SUNARYO, Deni. Pengaruh Penjaminan Kredit Daerah Dan Bankable Terhadap Pertumbuhan Umkm Di Provinsi Banten ( Yang Terdaftar Di Pt. Jamkrida Banten Priode 2015-2018). Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, [S.l.], v. 17, n. 3, sep. 2019. ISSN 2614-6789. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/PE/article/view/190>. Date accessed: 23 oct. 2019.