Analisa Persepsi Masyarakat terhadap Penggunaan Aplikasi Pinjaman Online

Penulis

  • Diana Silaswara Universitas Buddhi Dharma
  • Agus Kusnawan Universitas Buddhi Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31253/pe.v20i3.1465

Kata Kunci:

Persepsi Konsumen, Pinjaman Online, Covid 19

Abstrak

Berdasarkan maraknya kejadian negatif yang terjadi sehubungan dengan keberadaan aplikasi pinjaman  online dimana masyarakat banyak yang terjerat dengan pinjaman online (pinjol) dan tidak dapat menyelesaikan pengembalian pinjaman dikarenakan tingginya bunga yang dikenakan. Maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi masyarakat mengenai keberadaan aplikasi pinjol.

Penelitian kualitatif bersifat eksploratif dengan melakukan survey dan dikarenakan keterbatasan waktu maka responden yang digunakan hanya 47 orang (melebihi batas maksimal sebanyak 30 responden). Dan dengan menggunakan tabel distibusi, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar responden : (1) kurang tertarik dengan adanya pinjol, (2) merasa proses peminjaman sangat mudah,(3)keberadaan pinjol sangat membantu, (4) merasa bunganya terlalu tinggi, (5) merasa data-data pribadi yang diberikan kepada aplikasi tidak aman tersimpan dan (6) jika melakukan pinjaman, maka penggunaan dana pasti akan sesuai dengan tujuan meminjam.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-08-10

Cara Mengutip

Silaswara, D., & Kusnawan, A. (2022). Analisa Persepsi Masyarakat terhadap Penggunaan Aplikasi Pinjaman Online. Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 20(3), 93–103. https://doi.org/10.31253/pe.v20i3.1465

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2