Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan terhadap Pertumbuhan Bisnis Pakaian di Tanah Abang era Covid-19

Penulis

  • Louis Utama a:1:{s:5:"en_US";s:9:"FEB UNTAR";}
  • ronnie resdianto masman
  • halim putera siswanto
  • alicia allessandra

DOI:

https://doi.org/10.31253/pe.v21i1.1740

Kata Kunci:

kompetensi strategis, kompetensi etika, kompetensi jaringan, pertumbuhan bisnis, ukm

Abstrak

Pertumbuhan bisnis mengalami hambatan seiring dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, dimana pandemi ini memberikan dampak yang buruk terhadap perekonomian Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi strategis, kompetensi etika, kompetensi jaringan terhadap pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UKM) bidang pakaian di Tanah Abang. Populasi dalam penelitian ini difokuskan terhadap pengusaha UKM pada bidang pakaian. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 59 responden selaku pemilik UKM pakaian di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kuisioner dibagikan secara langsung kepada pemilik UKM pakaian yang berlangsung selama Juni 2022. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Skala yang digunakan adalah skala likert, dengan menggunakan aplikasi Smart Partial Least Square (SPLS) versi 3.0 sebagai metode analisis data. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa Kompetensi Strategis memiliki pengaruh terhadap Pertumbuhan bisnis UKM pakaian di Tanah Abang, Jakarta Pusat pada masa Covid-19, Kompetensi Etika tidak memiliki pengaruh terhadap Pertumbuhan bisnis UKM pakaian di Tanah Abang, Jakarta Pusat pada masa Covid-19, dan Kompetensi Jaringan memiliki pengaruh terhadap Pertumbuhan bisnis UKM pakaian di Tanah Abang, Jakarta Pusat pada masa Covid-19.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-05

Cara Mengutip

Utama, L., resdianto masman, ronnie ., putera siswanto, halim ., & allessandra, alicia . (2023). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan terhadap Pertumbuhan Bisnis Pakaian di Tanah Abang era Covid-19. Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 21(1), 58–70. https://doi.org/10.31253/pe.v21i1.1740