Pelatihan Pengelolaan Keuangan Bagi Warga Binaan Lapas Pemuda Kelas IIA di Tangerang

Main Article Content

Authors

    Marselia Purnama( 1 ) Octavianti Purnama( 2 ) Vivin Hanitha( 3 ) Hendra Hendra( 4 ) Yunia Oktari( 5 ) Jenni Jenni( 6 ) Donny Yana( 7 )

    (1) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (2) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (3) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (4) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (5) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (6) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (7) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia

Abstract

Pemidanaan adalah upaya untuk menyadarkan warga binaan agar menyesali perbuatannya, dan mengembalikannya menjadi warga masyarakat yang baik, taat kepada hukum, menjunjung tinggi nilai-nilai moral, sosial dan keagamaan, sehingga tercapai kehidupan masyarakat yang aman, tertib dan damai. Sistem pemasyarakatan merupakan suatu rangkaian kesatuan penegakan hukum pidana. Sistem pemasyarakatan disamping bertujuan untuk mengembalikan Warga Binaan Pemasyarakatan sebagai warga yang baik juga bertujuan untuk melindungi masyarakat terhadap kemungkinan diulanginya tindak pidana oleh Warga Binaan Pemasyarakatan, serta merupakan penerapan dan bagian yang tak terpisahkan dari nilai – nilai yang terkandung dalam Pancasila.


Kegiatan pengabdian masyarakat yang akan dilakukan dalam bentuk pelatihan yakni adanya pemaparan yang bersifat teoritis yang dilakukan secara tatap muka mengenai konsep berwirausaha dan berbisnis termasuk mengelola keuangan yang sesuai dengan kebutuhan warga binaan dengan menggunakan aplikasi buku kas. Pelaksanaan Pengabdian Pada Masyarakat ini dilakukan pada tanggal 02 Oktober 2021 dengan mengambil lokasi di Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang.


Minimnya modal dan terbatasnya akses menjadi kendala utama warga binaan selepas bebas dan kembali kemasyarakat, disisi lain kebutuhan hidup terus berjalan dan tidak mungkin hanya mengandalkan orang lain, sehingga harus berwirausaha sendiri. Dengan permasalahan tersebut Universitas Buddhi Dharma menawarkan program pelatihan pengelolaan keuangan bagi usaha yang baru mulai dirintis secara mudah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Purnama, M., Purnama, O., Hanitha, V., Hendra, H., Oktari, Y., Jenni, J., & Yana, D. (2022). Pelatihan Pengelolaan Keuangan Bagi Warga Binaan Lapas Pemuda Kelas IIA di Tangerang. Abdi Dharma, 2(1), 49–51. https://doi.org/10.31253/ad.v2i1.1083
Section
Articles

Abstract views: 197 / PDF downloads: 74

Most read articles by the same author(s)