Kegiatan Menggali Potensi Diri untuk Pencegahan Tiga Dosa Besar Pendidikan di SMP Ay-Yusufiah Tangerang
Main Article Content
Abstract
Perkembangan anak sekolah sangat penting dalam menjaga kualitas pendidikan dan masa depan suatu daerah. Tangerang, sebagai kota yang terus berkembang di Indonesia, menunjukkan perhatian besar terhadap perkembangan anak sekolah. Salah satu sekolah di Tangerang, SMP Ay-Yusufiah, telah berdiri sejak 1997 di bawah Yayasan Pendidikan Ay-Yusufiah. Sekolah ini menitikberatkan pada pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai religius, dengan fokus pada pengembangan karakter muslim yang beriman, bertaqwa, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Untuk mendukung tujuan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang efektif di SMP Ay-Yusufiah, tim pelaksana menggunakan teknik survei dan wawancara dalam mengumpulkan data. Kegiatan PkM dilakukan melalui empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan. Melalui penyuluhan, siswa diajak memahami pentingnya menghindari tindakan negatif seperti bullying, kekerasan seksual, dan intoleransi. Penyuluhan ini juga mengajarkan cara mengatasi dan mencegah kejadian-kejadian tersebut. Selain itu, fokus kegiatan PkM adalah pembinaan manajemen diri, di mana siswa diajarkan berbagai keterampilan untuk mengelola emosi, perilaku, serta sumber daya pribadi mereka. Tujuannya adalah agar siswa dapat mencapai tujuan hidup secara efektif dan lebih siap menghadapi tantangan masa depan. Dengan kegiatan ini, diharapkan siswa SMP Ay-Yusufiah tidak hanya berkembang secara akademik, tetapi juga mampu berkontribusi positif dalam menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman, inklusif, dan harmonis, serta siap menghadapi kehidupan di luar sekolah.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
I hereby assign and transfer to Abdi Dharma all exclusive copyright ownership rights to the above work. This includes, but is not limited to, the right to publish, republish, downgrade, distribute, transmit, sell, or use the work and other related materials worldwide, in whole, or in part, in all languages, in electronic, printed, or any other form of media, now known or hereafter developed and reserves the right to permit or license a third party to do any of the above. I understand that this exclusive right will belong to Abdi Dharma from the date the article is accepted for publication. I also understand that Abdi Dharma, as the copyright owner, has sole authority to license and permit reproduction of the article. I understand that, except for copyright, any other proprietary rights associated with the work (e.g. patents or other rights to any process or procedure) must be retained by the author. In addition, I understand that Abdi Dharma permits authors to use their papers in any way permitted by the applied Creative Commons license.
Abstract views: 36 / PDF downloads: 27