Webinar Dasar-Dasar Penulisan Manuskript Ilmiah Peningkatan Publikasi Ilmiah Webinar Zoom Meeting

Main Article Content

Authors

    Harisa Mardiana( 1 )

    (1) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia

Abstract

Pekerjaan dosen di Indonesia cukup berat. Dosenharus melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi; yaitu melakukan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Setelah melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat, dosen diwajibkan untuk mempublikasikan karyanya pada jurnal-jurnal yang ada baik di Indonesia, maupun di luar negeri. Maka dari itu, banyak dosen yang mempunyai kesulitan untuk menulis hasil penelitian dan pengabdian masyarakat untuk di publikasikan. Oleh itu, salah satu universitas yang ada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mengadakan Pelatihan Dasar-Dasar Penulisan Manuskript Ilmiah Untuk Peningkatan Publikasi Ilmiah yang dilakukan. Pelatihan ini dilakukan untuk para dosen agar dapat meningkatkan penulisan dan publikasi ilmiah. Pelatihan ini diikuti oleh sekitar 52 dosen pada universitas tersebut, ditambah dengan beberapa dosen dari beberapa universitas disekitarnya. Pelatihan dilakukan selama sehari melalui zoom yang disiapkan oleh universitas tersebut dan pelatih memberikan beberapa tips dan cara yang benar dalam penulisan karya ilmiah. Produk pelatihan ini diharapkan dapat menghasilkan karya ilmiah berupa makalah atau artikel ilmiah yang sesuai dengan kompetensi masing-masing dosen, yang nantinya dapat dipublikasikan dalam jurnal ilmiah di tingkat nasional dan internasional. Besar harapan dari universitas tersebut agar para dosen dapat melakukan penelitian dan menulis penelitian minimal satu tahun sekali dan menulis pengabdian kepada masyarakat setahun dua kali pada jurnal-jurnal nasional dan internasional

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mardiana, H. (2021). Webinar Dasar-Dasar Penulisan Manuskript Ilmiah Peningkatan Publikasi Ilmiah Webinar Zoom Meeting. Abdi Dharma, 1(2), 51–56. https://doi.org/10.31253/ad.v1i2.703
Section
Articles

Abstract views: 113 / PDF downloads: 111