Aplikasi Gaji Karyawan dan Perhitungan Pajak Penghasilan Pasal 21 Berbasis Website dengan menggunakan Framework CodeIgniter

Gaji, Pajak, Framework, CodeIgniter

  • ARIE YAPTO WIBISONO UNIVERSITAS BUDDHI DHARMA
  • Dicky Surya Dwi Putra Universitas Buddhi Dharma
  • Santa Margita Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Pemungutan pajak di Indonesia terbagi menjadi beberapa sistem, Official Assesment System, Self Assesment System, dan With Holding System. Salah satu dari berbagai jenis macam pajak, Pajak Penghasilan (PPh) memberikan kontribusi yang besar bagi negara.  Perusahaan bertanggung jawab sebagai pemotong pajak yang baik dan benar bagi karyawannya agar pajak yang dipotong benar, dalam artian tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Perusahaan yang memotong dan memungut PPh Pasal 21 untuk karyawan yang terutang harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku. Pemahaman yang kurang akan menimbulkan kesalahan dan terjadinya permasalahan pada perhitungan pajak dan menyebabkan pajak karyawan kurang dipotong atau lebih dipotong pada PPh Pasal 21. Dengan teknologi dan infomaasi yang semakin berkembang pesat, perusahaan membutuhkan sistem penggajian dan perhitungan pajak yang lebih bisa mengoptimalkan pengolahan data gaji karyawannya dan perhitungan pajaknya secara cepat dan akurat. Untuk itu, salah solusi yang dapat diterapkan adalah melalui pembuatan website menggunakan framework. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sistem perhitungan pajak berbasis website menggunakan framework CodeIgniter dapat mempersingkat waktu dalam menghitung PPh Pasal 21 dan melakukan rekap data gaji karyawan pada perusahaan. Selain itu, pelaporan rekapan gaji karyawan dan perpajakan setiap bulan dapat dilakukan dengan lebih terstruktur dibandingkan dengan proses perhitungan manual.

Published
2020-11-05
How to Cite
WIBISONO, ARIE YAPTO; PUTRA, Dicky Surya Dwi; MARGITA, Santa. Aplikasi Gaji Karyawan dan Perhitungan Pajak Penghasilan Pasal 21 Berbasis Website dengan menggunakan Framework CodeIgniter. ALGOR, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 75-83, nov. 2020. ISSN 2715-0577. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/algor/article/view/463>. Date accessed: 23 apr. 2021.