Pengaruh Media Sosial TikTok terhadap Kreativitas: Studi Kasus Konten Urrofi dan Anggota PT. Hallo Photo

Main Article Content

Authors

    Mohammad Fadli Suwardi( 1 ) Siska Mardiana( 2 )

    (1) Universitas Serang Raya | Indonesia
    (2) Universitas Serang Raya | Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi marak-nya media sosial tiktok. Salah satu penyebab ramai-nya aplikasi tersebut dikarenakan pada 2019 silam terjadi lockdown, untuk dari itu masyarakat kebanyakan lebih menggunakan waktunya untuk menggunakan media sosial yang salah satunya yaitu tiktok. @urrofi adalah salah satu content creator tiktok yang dimana konten – kontennya berisikan tentang dunia fotografi dan videografi, hal tersebut seakan menjadi tontonan yang bermanfaat bagi khususnya anggota PT. Hallo Photo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya dan seberapa besar pengaruh konten tiktok Urrofi terhadap sikap kreativitas anggota PT. Hallo Photo. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan menggunakan metode survey dengan cara menyebarkan kuesioner atau angket melalui Google Form. Populasi dan sampel dari penelitian ini sebanyak 38 orang, teknik pengambilan menggunakan non – probability sampling dengan metode sampling jenuh, dimana semua popoulasi dijadikan sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji instrument, analisis regresi linear sederhana, koefisien derminasi, uji hipotesis. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel konten tiktok Urrofi dan sikap kreativitas anggota PT. Hallo Photo. Dan menunjukan Thitung > Ttabel yaitu 7.094 > 1.685 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikansi antara variabel konten tiktok Urrofi (X) dan sikap kreativitas anggota PT. Hallo Photo (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

Abstract views: 7 / PDF downloads: 2