Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Barang Elektronik Pada Tokopedia Di Masa Pandemi Covid-19
Keywords:
Periklanan, Harga Kompetitif, Kecepatan Pelayanan, Penggunaan Produk, Barang ElektronikAbstract
Dalam penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengkaji besarnya pengaruh Promosi (X1 ), Harga (X2), dan Kualitas Pelayanan (X3) Terhadap Keputusan Pembelian (Y) Barang Elektronik di Tokopedia selama Masa Pandemi Covid-19. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada pengguna Tokopedia di masa pandemi covid-19.
Berdasarkan hasil analisis yang telah penulis uji dengan uji regresi linier berganda menggambarkan persamaan Y = 6,597 + 0,201 X1 + 0,373 X2 + 0,261 X3 + ↋ hasil koefisien korelasi promosi terhadap keputusan pembelian memiliki korelasi positif sebesar 0,575. Koefisien korelasi harga pada variabel keputusan pembelian memiliki korelasi positif sebesar 0,719. Koefisien kualitas pelayanan pada variabel keputusan pembelian memiliki korelasi positif sebesar 0,681.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada variabel promosi diperoleh thitung 6,966, variabel harga thitung 10,243, dan variabel kualitas pelayanan thitung 9,197 dengan hasil ttabel 1,98498 yang diperoleh dari ttabel df menggunakan rumus t (α/2; nk-1) pada taraf signifikan 0,05. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
Pada hasil uji signifikansi uji F atau uji simultan diperoleh Fhitung sebesar 41,857 dan ftabel sebesar 2,70 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Hasil ini menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, pernyataan tersebut dinyatakan berdasarkan Fhitung > Ftabel. Mengacu pada hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara promosi, harga, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian barang elektronik di Tokopedia selama masa pandemi covid-19.