Pengaruh Cash On Delivery, Promo Gratis Ongkir, dan Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Marketplace Shopee di Wilayah Kota Tangerang

Authors

  • Patricia Regina Vernandi Universitas Buddhi Dharma
  • Eso Hernawan Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Cash On Delivery, Promo Gratis Ongkir, Customer Review, Keputusan Pembelian

Abstract

Dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, mayoritas seluruh penduduk Indonesia menggunakan teknologi internet sebagai sarana transaksi jual beli secara online. Dengan layanan marketplace, memungkinkan konsumen memesan produk dengan mudah dan praktis dari berbagai lokasi dan wilayah yang berbeda. Shopee adalah platform jual beli online yang memudahkan pengguna untuk menyelesaikan transaksi. Shopee mempunyai metode pembayaran cash on delivery, penawaran gratis ongkos kirim dan fitur ulasan produk untuk membantu konsumen dalam memutuskan akan pembelian suatu produk.

Riset ini dilakukan guna menguji besaran pengaruh cash on delivery, promo gratis ongkir dan customer review terhadap keputusan pembelian secara online pada situs marketplace Shopee di wilayah Kota Tangerang. Pada penarikan sampel digunakan teknik sampel snowball dengan menggunakan data kuantitatif. Penelitian ini menggunakan media kuesioner yang disebarluaskan kepada responden dan dianalisis dengan menggunakan alat pengolah data SPSS 25.

Pengujian hipotesis secara parsial (uji T) didapati cash on delivery menghasilkan Thitung (11.396) > Ttabel (1.968), promo gratis ongkir menghasilkan Thitung (12.678) > Ttabel (1.968) dan customer review menghasilkan Thitung (14.601) > Ttabel (1.968) dengan Sig 0.000. Maka dari itu disimpulkan bahwa Hipotesis 1, Hipotesis 2, dan Hipotesis 3 terbukti.

Pengujian hipotesis secara simultan (uji F) didapati Sig. 0.000 dengan nilai Fhitung (109.555) > Ftabel (2.63). Dengan demikian, hipotesis 4 terbukti yang artinya cash on delivery, promo gratis ongkir dan customer review berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara online pada marketplace Shopee di wilayah Kota Tangerang

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-18