Analisis Fraud Pentagon dalam Mendeteksi Kecurangan Laporan Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Food and Beverages Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)

Authors

  • Antonius Masmis Jana Universitas Buddhi Dharma
  • Limajatini Limajatini Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Kecurangan Laporan Keuangan, Financial Target, Financial Stability, External Pressure, Ineffective Monitoring, Change in Director

Abstract

Financial target merupakan banyaknya laba yang mesti dicapai atas usaha yang sudah dikeluarkan. Financial stability menggambarkan kondisi pada keuangan perusahaan, yang dilihat dari pertumbuhan asset suatu perusahaan. External pressure ialah keadaan perusahaan memperoleh sesuatu tekanan dari pihak eksternal perusahaan dalam memperoleh sumber dana, seperti pinjaman ataupun hutang. Ineffective monitoring kondisi yang menggambarkan lemah ataupun kurang efektif pengawasan perusahaan dalam memantau kinerja perusahaan. Change in Director menggambarkan jika terdapatnya pergantian direksi dalam suatu perusahaan.

Penelitian ini berfokus pada perusahaan sektor food  and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016 – 2020. Deteksi kemungkinan kecurangan laporan keuangan diukur oleh model F-score. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan menggunakan sampel 14 perusahaan dan 70 data laporan keuangan. Olah data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 24 dengan uji statistic deskriptif, uji regresi logistic dan uji hipotesis.

Hasil penelitian uji F menunjukkan bahwa Financial target, Financial Stability, Ineffective monitoring, External pressure dan Change in directors secara simultan memiliki pengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan, hasil tes uji T atau parsial menunjukkan bahwa Financial target, Financial Stability, Ineffective monitoring dan Change in directors tidak berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan, tetapi External pressure memiliki pengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-10-20

Most read articles by the same author(s)