Pengaruh Perencanaan Pajak, Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2019 – 2021

Authors

  • Stephan Wibowo Universitas Buddhi Dharma
  • Limajatini Limajatini Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Perencanaan Pajak, Ukuran Perusahaan, Profitabilias, Manajemen Laba

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji perencanaan pajak, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap manajemen laba pada perusahaan food & beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode tahun 2019-2021.

Sampel penelitian dipilih dengan metode sampling dengan jenis data yang dipilih adalah data sekunder. Sampel penelitian ini adalah laporan keuangan yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) (www.idx.com) pada periode tahun 2019-2021. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, terdapat 12 perusahaan food and beverage yang terpilih untuk diteliti, menghasilkan 36 sampel penelitian untuk diteliti. Pengujian sampel pada penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS versi 25.

Hasil pada uji parsial menyimpulkan bahwa variabel perencanaan pajak & ukuran perusahaan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan variabel profitabilitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Hasil uji F menyimpulkan bahwa variabel perencanaan pajak, ukuran perusahaan dan profitabilitas secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-10

Most read articles by the same author(s)