Pengaruh Leverage, Dewan Komisaris Independen, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021)

Authors

  • Niko Okadi Universitas Buddhi Dharma
  • Sabam Simbolon Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Tax Avoidance, Leverage, Dewan Komisaris Independen, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Leverage, Dewan Komisaris Independen, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Tax Avoidance. Variabel independen yang digunakan adalah Leverage yang diproksikan dengan Debt to Equity Ratio (DER), Dewan Komisaris Independen yang diproksikan dengan DKI, Ukuran Perusahaan yang diproksikan dengan SIZE, dan Profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Asset (ROA). Variabel dependen yang digunakan adalah Tax avoidance yang diproksikan dengan effective tax rate (ETR).

Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik purposive sampling method dan diperoleh sampel sebanyak 66 data. Data yang dipakai merupakan data sekunder, yaitu laporan keuangan perusahaan manufaktur sector industri Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019-2021. Guna membuktikan hipotesis dilakukan pengujian regresi berganda.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Leverage berpengaruh terhadap Tax Avoidance, Dewan Komisaris Independen tidak memiliki pengaruh terhadap Tax Avoidance, Ukuran Perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap Tax Avoidance, Profitabilitas berpengaruh terhadap Tax Avoidance, dan Leverage, Dewan Komisaris Independen, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas secara simultan berpengaruh terhadap Tax Avoidance.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-10

Most read articles by the same author(s)