Pengaruh Sikap terhadap Perilaku, Norma Subjektif dan Literasi Keuangan terhadap Keinginan Berinvestasi pada Generasi Milenial

Main Article Content

Authors

    Roseline Mannuela Anwar( 1 ) Hendry Wijaya( 2 ) Lambok DR Tampubolon( 3 ) Rita Amelinda( 4 ) Eva Oktavini( 5 )

    (1) Universitas Kristen Krida Wacana | Indonesia
    (2) Universitas Kristen Krida Wacana | Indonesia
    (3) Universitas Kristen Krida Wacana | Indonesia
    (4) Universitas Kristen Krida Wacana | Indonesia
    (5) Universitas Kristen Krida Wacana | Indonesia

Abstract

Behavioral finance banyak menjadi fokus utama dalam kajian keuangan yang menitikberatkan kepada bagaimana investor dapat memperoleh keuntungan dengan menekan tingkat risiko seminimal mungkin, serta bagaimana korelasi antara karakteristik demografi, bias perilaku terhadap keputusan dan keinginan dalam berinvestasi. Theory of Planned Behavior merupakan teori yang berperan penting di dalam mendefinisikan perilaku tersebut. Penelitian ini akan memberikan pemahaman yang komprehensif terkait faktor fundamental yang mempengaruhi perilaku generasi milenial terhadap keinginan untuk berinvestasi, serta akan ditelusuri terkait efek mediasi sikap terhadap perilaku dan norma subjektif untuk menelusuri terkait niat individu dari sisi psikologis calon investor generasi milenial. Studi ini menggunakan teknik purposive sampling dengan metode snowball sampling kepada generasi milenial yang belum pernah berinvestasi di pasar modal. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling. Hasil menunjukkan bahwa literasi keuangan tidak terbukti berpengaruh langsung terhadap keinginan berinvestasi. Di sisi lainnya, sikap terhadap perilaku dan norma subjektif terbukti memediasi pengaruh antara literasi keuangan terhadap keinginan berinvestasi

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Anwar, R. M., Wijaya, H., Tampubolon, L. D., Amelinda, R., & Oktavini, E. (2023). Pengaruh Sikap terhadap Perilaku, Norma Subjektif dan Literasi Keuangan terhadap Keinginan Berinvestasi pada Generasi Milenial. Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 21(2), 11–25. https://doi.org/10.31253/pe.v21i2.1818
Section
Articles

Abstract views: 659 / PDF downloads: 916

Most read articles by the same author(s)