Pengaruh Sikap terhadap Perilaku, Norma Subjektif dan Literasi Keuangan terhadap Keinginan Berinvestasi pada Generasi Milenial

Authors

  • Roseline Mannuela Anwar Universitas Kristen Krida Wacana
  • Hendry Wijaya Universitas Kristen Krida Wacana
  • Lambok DR Tampubolon Universitas Kristen Krida Wacana
  • Rita Amelinda Universitas Kristen Krida Wacana
  • Eva Oktavini Universitas Kristen Krida Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31253/pe.v21i2.1818

Keywords:

Theory of Planned Behavior, Literasi Keuangan, Sikap terhadap Perilaku, Norma Subjektif, Keinginan Berinvestasi

Abstract

Behavioral finance banyak menjadi fokus utama dalam kajian keuangan yang menitikberatkan kepada bagaimana investor dapat memperoleh keuntungan dengan menekan tingkat risiko seminimal mungkin, serta bagaimana korelasi antara karakteristik demografi, bias perilaku terhadap keputusan dan keinginan dalam berinvestasi. Theory of Planned Behavior merupakan teori yang berperan penting di dalam mendefinisikan perilaku tersebut. Penelitian ini akan memberikan pemahaman yang komprehensif terkait faktor fundamental yang mempengaruhi perilaku generasi milenial terhadap keinginan untuk berinvestasi, serta akan ditelusuri terkait efek mediasi sikap terhadap perilaku dan norma subjektif untuk menelusuri terkait niat individu dari sisi psikologis calon investor generasi milenial. Studi ini menggunakan teknik purposive sampling dengan metode snowball sampling kepada generasi milenial yang belum pernah berinvestasi di pasar modal. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling. Hasil menunjukkan bahwa literasi keuangan tidak terbukti berpengaruh langsung terhadap keinginan berinvestasi. Di sisi lainnya, sikap terhadap perilaku dan norma subjektif terbukti memediasi pengaruh antara literasi keuangan terhadap keinginan berinvestasi

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-05-02

How to Cite

Anwar, R. M., Wijaya, H., Tampubolon, L. D., Amelinda, R., & Oktavini, E. (2023). Pengaruh Sikap terhadap Perilaku, Norma Subjektif dan Literasi Keuangan terhadap Keinginan Berinvestasi pada Generasi Milenial. Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 21(2), 11–25. https://doi.org/10.31253/pe.v21i2.1818

Most read articles by the same author(s)