Influence of Product Selection and Digital Business on Micro and Small and Medium Enterprises Income during the COVID-19 Pandemic

Pengaruh Pemilihan Produk dan Bisnis Digital Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Selama Pandemi COVID-19

Penulis

  • Heri Satrianto universitas buddhi dharma
  • Baghas Budi Wicaksono Universitas Buddhi Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31253/pe.v20i3.1427

Kata Kunci:

OLS, Product selection, MSME, digital business, marketing management

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pemilihan Produk dan Bisnis Digital terhadap Pendapatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah selama Pandemi COVID-19. Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. Pemerintah Republik Indonesia juga memandang pentingnya keberadaan pengusaha UMKM. Keberadaan UMKM dapat berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat dan juga dengan inovasi pelayanan yang dapat menarik konsumen. Metode yang digunakan adalah kuantitatif yang diambil, dapat dipastikan bahwa t-statistik 6,453 > t tabel 1,985 dan nilai sig o.oo < 0,05 menunjukkan bahwa pengaruh pemilihan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan dari pelaku UMKM. T-statistik adalah 5,568 > t tabel 1,985 dan sig o.oo < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa pemilihan produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap peningkatan pendapatan pelaku UMKM. Sedangkan F-statistik 161,927 > dari F tabel 3,09 dan nilai sig 0,000 < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa bisnis digital dan kriteria pemilihan produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap peningkatan pendapatan pelaku UMKM selama masa pandemi COVID-19.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-08-19

Cara Mengutip

Satrianto, H., & Wicaksono, B. B. (2022). Influence of Product Selection and Digital Business on Micro and Small and Medium Enterprises Income during the COVID-19 Pandemic: Pengaruh Pemilihan Produk dan Bisnis Digital Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Selama Pandemi COVID-19. Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 20(3), 139–153. https://doi.org/10.31253/pe.v20i3.1427

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama