Pengaruh “Brand Name”, “Perceived Quality”, Harga terhadap Keputusan Pembelian Bahan Bakar Minyak jenis Super, Studi Kausalitas pada Pengguna Motor Produksi Masal di Shell BSD 1 Jalan Pahlawan Seribu

Penulis

  • Angelia Inggriani Universitas Buddhi Dharma
  • Suhendar Janamarta Universitas Buddhi Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31253/pe.v17i3.188

Kata Kunci:

Shell, Super, Brand Name, Perceived Quality, Harga

Abstrak

Suatu produk tentu tidak lepas dari yang namanya merek. Banyak masyarakat lebih sering menyebutkan mereknya daripada menyebutkan produk itu sendiri. Seiring berjalannya waktu dalam membeli produk, selain mereknya, tentu masyarakat juga memperhatikan kualitas dari produk tersebut karena dalam konsumsi bahan bakar minyak (BBM) berkualitas tinggi, semakin melaju seiring kesadaran konsumen terhadap komoditas tersebut yang kian meningkat. Dalam membeli produk tidak hanya dilihat dari segi kualitas atau merek semata. Tetapi dilihat juga dari segi harga. Harga juga bisa menjadi keputusan membeli untuk masyarakat membeli suatu produk.
Tujuannya adalah melihat pengendara motor produksi masal yang secara umum adalah kelas ekonomi menengah kebawah yang memperhitungkan biaya
operasional yang menggunakan pengeluaran seminim mungkin untuk menekan pengeluaran. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuisioner dan jenis penelitiannya adalah eksplanasi kausalitas pada pengguna motor produksi masal yang memakai bahan bakar shell jenis super.
Dari 95 responden, mayoritas responden yang menjawab kuisioner berjenis kelamin pria, berumur 20 – 29 tahun, berprofesi pegawai swasta, berpendidikan terakhir SMA / SMK dan pengeluaran biaya hidup rata – rata per bulan sekitar 1 juta – 2 juta. Dari hasil penelitian yang dilakukan, terbentuk persamaan regresi linear yaitu: Y = -0,70 + 0,223X1 + 0,335X2 + 0,401X3. Dan berdasarkan hasil penelitian, didapat F hitung yaitu sebesar 32,834 lebih besar dari F tabel yaitu sebesar 2,70 dengan tingkat signifikan dibawah 0,05 yaitu sebesar 0,000.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2019-09-13

Cara Mengutip

Inggriani, A., & Janamarta, S. (2019). Pengaruh “Brand Name”, “Perceived Quality”, Harga terhadap Keputusan Pembelian Bahan Bakar Minyak jenis Super, Studi Kausalitas pada Pengguna Motor Produksi Masal di Shell BSD 1 Jalan Pahlawan Seribu. Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 17(3), 26–39. https://doi.org/10.31253/pe.v17i3.188

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama