Analysis of Consumer Purchase Decisions in Tangerang Old Market with Consumer Satisfaction as an Intervening Factor
DOI:
https://doi.org/10.31253/pe.v22i3.3137Kata Kunci:
Bauran Pemasaran, Kepuasan Konsumen, Keputusan Pembelian, Pasar Lama TangerangAbstrak
Perkembangan pasar lama yang bertahan selama beberapa puluh tahun merupakan alasan dilakukannya penelitian ini. Studi ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja dalam bauran pemasaran yang memuaskan konsumen sehingga mereka akhirnya memutuskan untuk melakukan pembelian kuliner yang diinginkan di Pasar Lama Tangerang.
Dengan penelitian yang bersifat kausal dan menggunakan metode analisis PLS (Partial Least Squares), kita dapat mengetahui seberapa kuat hubungan antara setiap variabel laten dengan indikator-indikatornya serta mengetahui seberapa besar kepuasan yang dihasilkan oleh faktor bauran pemasaran tersebut sehingga memperkuat keputusan pembelian konsumen.
Berdasarkan data dari 100 kuesioner valid yang diperoleh, diketahui bahwa variabel laten yang diteliti sudah terwakili oleh indikator-indikatornya dan variabel tersebut reliable. Dan ternyata faktor –faktor dari bauran pemasaran memberikan kontribusi sebesar 24,9% pada keputusan pembelian dengan faktor dominan yang memberikan kepuasan kepada konsumen adalah pada faktor produk dan faktor harga dengan nilai 2,907 dan 2,740 (t tabel = 0.67711), sedangkan faktor lainnya yaitu tempat dan promosi tidak terlalu berpengaruh (nilai 0,562 dan 0,525).
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Diana Silaswara, Agus Kusnawan; Eso Hermawan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.