Pelatihan Penerapan Manajemen Persediaan Bagi Pedagang Makanan Minuman Di Era Endemi Covid 19 (UMKM Cihuni Hill Park)

Main Article Content

Authors

    Aldi Samara( 1 ) Rr. Dian Anggraeni( 2 ) Rina Sulistiyowati( 3 ) Selfiyan( 4 ) Susanto Wibowo( 5 ) Sutandi( 6 ) Peng Wi( 7 ) Pujiarti( 8 )

    (1) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (2) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (3) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (4) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (5) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (6) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (7) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (8) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia

Abstract

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan, status endemi Covid-19 berarti penyakit yang berkaitan dengan virus corona ini masih ada, tapi sudah tidak mewabah.  Nantinya, penyakit Covid-19 akan diperlakukan sebagai penyakit menular lainnya seperti Tuberkulosis (TB).  Manajemen persediaan yang baik merupakan kunci keberhasilan setiap perusahaan. Pada perusahaan manufaktur, ada persediaan barang mentah, persediaan setengah jadi dan persediaan jadi (siap jual), sedangkan pada perusahaan dagang adalah persediaan barang dagang.   Persediaan adalah stok barang yang akan digunakan perusahaan dalam menjalankan kegiatan usahanya.


Kegiatan pengabdian pada masyarakat bertujuan untuk memberikan edukasi bagi warga mengenai manajemen persediaan baik bahan baku maupun barang jadi, untuk membuka wawasan dan ilmu baru bagi warga, untuk menstimulasi warga untuk menerapkan perhitungan dan teori manajemen persediaan ataupun tahapan webinar. Harapannya kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat bermanfaat bagi warga desa cijantra dapat menambah pengetahuan, warga desa cijantra dapat menambah wawasan dan ilmu baru, warga desa cijantra memiliki pemikiran yang tepat dalam pengelolaan persediaan, dan juga diharapkan warga desa cijantra dapat menerapkan dan mengimplementasikan materi webinar pada dagangan atau usaha yang dijalankan ataupun bisnis secara online maupun offline.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Samara, A. ., Anggraeni, R. D. ., Sulistiyowati, R. ., Selfiyan, Wibowo, S. ., Sutandi, Wi, P. ., & Pujiarti. (2022). Pelatihan Penerapan Manajemen Persediaan Bagi Pedagang Makanan Minuman Di Era Endemi Covid 19 (UMKM Cihuni Hill Park). Abdi Dharma, 2(2), 67–74. https://doi.org/10.31253/ad.v2i2.1729
Section
Articles

Abstract views: 301 / PDF downloads: 241

Most read articles by the same author(s)