Pelatihan Perpajakan SPT (Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan) bagi Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Buddhi Dharma

Main Article Content

Authors

    Susanto Wibowo( 1 ) Juan Barus Gultom( 2 ) Suhendra Suhendra( 3 ) Irwan Irwan( 4 ) Sofian Sugioko( 5 ) Syarifarudin Afa( 6 ) Farid Addy Sumantri( 7 ) Limajatini Limajatini( 8 )

    (1) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (2) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (3) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (4) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (5) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (6) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (7) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (8) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia

Abstract

Kegiatan ini memegang peran krusial dalam upaya untuk memperbaiki pemahaman serta kepatuhan pelaku usaha kecil terhadap undang-undang perpajakan, peraturan, dan praktik terbaik dalam pelaporan pajak. Saat ini, terdapat kesenjangan dalam pemahaman pajak di kalangan pelaku usaha kecil, yang mengakibatkan ketidakpatuhan pajak yang tidak sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan ini sangat relevan dan penting. Pertama, adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan jurusan sistem informasi mengenai peraturan perpajakan, sehingga mereka dapat menjadi sumber daya yang handal dalam memberikan informasi dan panduan terkait dengan perpajakan kepada pelaku usaha kecil. Kedua, adalah untuk mendorong partisipasi aktif mereka dalam penyusunan SPT (Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan) oleh pelaku usaha kecil, sehingga memastikan bahwa proses pelaporan pajak berjalan dengan benar sesuai dengan aturan yang berlaku. Pendekatan yang diambil dalam kegiatan ini adalah pendidikan dan pelatihan masyarakat. Ini melibatkan serangkaian langkah, termasuk penyuluhan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman peserta tentang pajak. Selain itu, kegiatan ini memberikan panduan praktis mengenai cara penyampaian SPT secara elektronik (e-Billing) dan real time (online) dengan menggunakan sarana elektronik seperti e-SPT, e-Filling, dan e-Form. Laboratorium komputer di Universitas Buddhi Dharma Tangerang menjadi tempat yang ideal untuk memberikan layanan ini. Ini adalah lokasi yang dapat memberikan akses dan pelatihan terkait dengan penggunaan alat-alat elektronik yang diperlukan dalam pelaporan pajak yang efektif dan tepat waktu. Dengan demikian, kegiatan ini bukan hanya mencerminkan upaya untuk meningkatkan pemahaman perpajakan di antara pelaku usaha kecil, tetapi juga menciptakan sumber daya yang berpengetahuan dalam sistem informasi yang dapat membantu dalam penyusunan SPT dengan lebih baik. Ini adalah langkah positif dalam meningkatkan kepatuhan perpajakan, yang pada gilirannya dapat memberikan manfaat ekonomi yang lebih besar untuk masyarakat dan negara secara keseluruhan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wibowo, S., Barus Gultom, J., Suhendra, S., Irwan, I., Sugioko, S., Afa, S., Sumantri, F. A., & Limajatini, L. (2023). Pelatihan Perpajakan SPT (Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan) bagi Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Buddhi Dharma. Abdi Dharma, 3(2), 139–148. https://doi.org/10.31253/ad.v3i2.2349
Section
Articles

Abstract views: 53 / PDF downloads: 32

Most read articles by the same author(s)