Proses Strategi Komunikasi Pemasaran Word of Mouth dan Media Promosi pada PT. Talaga Mulya Indah

Main Article Content

Authors

    Maria Ayu Putri( 1 ) Suryadi Wardiana( 2 ) Sello Satrio( 3 )

    (1) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (2) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (3) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses word of mouth sebagai bagian dari strategi komunikasi pemasaran PT. Talaga Mulya Indah. Word of mouth memiliki elemen atau indikator yang dikenal dengan sebutan 5T (talkers (pembicara), topics (topik), tools (alat), talking part (partisipasi) and tracking (pengawasan). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan melibatkan 5 (lima) informan: manager marketing, head of marketing dan 3 (tiga) konsumen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara secara langsung kepada setiap informan, pengamatan serta dokumentasi. Hasil penelitian memberikan deskripsi bahwa talker yang merupakan karyawan dan konsumen dari PT. Talaga Mulya Indah. Topic yang sering dibicarakan berhubungan dengan bauran pemasaran (produk, harga, tempat dan promosi), yang kemudian digunakan pembicara untuk melakukan pembicaraan kembali terkait jasa layanan kepada calon konsumen. Tools yang disediakan masih bersifat sederhana, seperti: percakapan mulut ke mulut, email, telepon seluler, whatsapp. Setelah itu penyebaran informasi yang dilakukan oleh internal dan adanya pihak eksternal yang terkait merupakan bagian dari taking part yaitu dengan melakukan partisipasi, dan berikutnya masuk dalam tahap tracking PT. Talaga Mulya Indah melakukan pengawasan terhadap dampak yang terjadi dari word of mouth dengan melakukan evaluasi secara berkala terhadap peningkatan pendapatan dan hadirnya konsumen-konsumen baru.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

Abstract views: 5 / PDF downloads: 12