Pengaruh Harga, Variasi, & Kualitas Produk Pada Keputusan Pembelian Produk Pakaian Wanita Melalui Shopee (Studi Kasus Di Kota Tangerang)

Authors

  • Jessica Clara lesmana Universitas Buddhi Dharma
  • Andy Andy Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Harga, Variasi, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen melalui situs belanja online (marketplace) sehingga pelaku usaha perlu mempertimbangkan faktor-faktor apa saja yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan perhatian konsumen. Hal ini terlihat pada grafik jumlah pengunjung website marketplace yang ditulis oleh M. Iip Aditiya. Konsumen yang tertarik tidak akan mencari informasi lebih lanjut. Konsumen harus membuat keputusan tentang merek mana yang akan dibeli. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif, penelitian kuantitatif adalah penelitian yang berupa data berupa angka-angka dari hasil proses penelitian yang sedang diteliti. Dalam penelitian ini, subjek penelitian penulis adalah PT. Shopee Internasional Indonesia. Selain dari pada itu, hasil perhitungan koefisien determinasi (R2) dari ketiga variabel memiliki nilai sebesar 0,534 yang mana membuktikan bahwa variabel-variabel yang di teliti memberikan nilai pengaruh yang cukup besar dengan persentase 53,4% terhadap keputusan pembelian konsumen pakaian wanita bergaya Korea dan sisanya 46,6% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara keseluruhan dalam menetapkan kesimpulan pembahasan diatas dapat dilihat berdasarkan nilai hasil dari fhitung yang sebesar 44,280 yang mana nilainya lebih besar ftabel yang sebesar 2,68 sehingga persamaan regresinya adalah. Y = 9,602 + 0,123X1 + 0,272X2 + 0,324X3 menyatakan bahwa tiga variabel yang diteliti yaitu harga, variasi, dan kualitas produk memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk pakaian wanita bergaya Korea melalui marketplace Shopee.

Published

2022-06-28