Pengaruh Inflation, Kurs Dan Interest Rate (IR) Terhadap Harga Saham Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014 -2018

Authors

  • Yulita Yulita Universitas Buddhi Dharma
  • Peng Wi Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Inflation, Nilai Tukar Rupiah, Tingkat Suku Bunga, Harga Saham

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh indikator makro ekonomi Indonesia yaitu Inflation , Kurs serta tingkat suku bunga, terhadap Harga Saham  di Bursa Efek Indonesia. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 (lima) tahun mulai dari tahun 2014 -2018. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan level of significant 0,05 dengan program SPSS 24.

Secara simultan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Inflation , Kurs dan Interest rate (IR) berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham . Secara parsial Inflation  dan Kurs berpengaruh negatif dan signifikan terhadap IHSG, Interest rate (IR) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap IHSG.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel Inflation , Kurs dan Interest rate (IR) dapat digunakan sebagai tolak ukur dan bahan pertimbangan dalam berinvestasi di pasar modal.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-12-08

Most read articles by the same author(s)